Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Dan
Keterampilan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
:
Mata
Pelajaran :
Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester
: IV/1
Alokasi Waktu
: 2x35 menit
I.
Standar
Kompetensi :
1. Mengapresiasi
karya seni rupa.
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa
terapan yang ada di daerah setempat
III. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif:
Proses
1. Mengidentifikasi
berbagai jenis karya seni rupa terapan
2. Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat
Kognitif:
Produk
1. Menyebutkan
jenis karya seni rupa terapan yang diketahui peserta didik
2. Menjelaskan karya
seni rupa terapan yang ada di daerah setempat
Psikomotor
1. Membuat
karya seni rupa terapan yang sederhana
2. Membuat karya
seni rupa terapan yang ada di sekitar tempat tinggal
Afektif
Perilaku Berkarakter (individu)
1. Melakukan
komunikasi: bertanya dan berpendapat.
2. Menghargai pendapat orang lain.
3. Melaksanakan tugas dengan penuh
tanggung jawab.
Afektif Keterampilan Sosial
Melaksanakan Kerja sama.
IV. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif:
Proses
1. Siswa mampu
mengidentifikasi berbagai jenis karya seni rupa terapan
2. Siswa dapat
mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada disekitar
Kognitif:
Produk
1. Siswa mampu
menyebutkan berbagai jenis karya seni rupa terapan
2. Siswa dapat
menjelaskan jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat
Psikomotor
1. Siswa dapat
membuat karya seni rupa terapan yang sederhana
2. Siswa mampu
membuat karya seni terapan yang ada di sekitar tempat tinggal
Afektif
Perilaku Berkarakter (individu)
1. Siswa dapat melakukan komunikasi: bertanya dan berpendapat.
2. Siswa mampu menghargai pendapat
orang lain.
3. Siswa dapat melaksanakan tugas
dengan penuh tanggung jawab.
Afektif Keterampilan Sosial
Siswa mampu melaksanakan Kerja sama.
- Karakter siswa yang diharapkan
:
Dapat dipercaya (Trustworthines),
Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence), Tanggung jawab (responsibility), Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring),
Jujur (fairnes), cinta tanah air dan Kewarganegaraan ( citizenship )
V. Materi
Pembelajaran
Berbagai benda pakai yang dibuat
dari bahan bertekstur nyata dan semu, baik bahan alam maupun buatan dengan
berbagai teknik.
VI. Sumber
Pembelajaran, Alat yang diperlukan
Sumber
belajar
-
Pengetahuan
awal tentang seni rupa terapan
-
Teman sebaya
-
Buku
pelajaran
-
Contoh seni
rupa terapan dari guru
Alat yang
diperlukan
-
Kertas
-
Gunting
-
Penggaris
-
Alat tulis
VII. Metode
Pembelajaran
1. Model :
Cooperative Learning
2. Metode
:
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Praktik
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
Guru
membuka kegiatan pembelajaran (mengucap salam dan berdoa).
|
Ceramah
|
7 menit
|
Guru
mempresensi kehadiran siswa
|
Guru
menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran.
|
Guru
membacakan tujuan pembelajaran dengan bahasa yang sederhana dan mudah
dipahami.
|
Guru
melaksanakan apersepsi (menggali pengetahuan siswa dengan melakukan tanya
jawab tentang karya seni rupa terapan).
|
Tanya Jawab
|
3 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
EKSPLORASI
:
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: ~ Siswa
diminta untuk mempersiapkan peralatan yang akan digunakan. ~Siswa
diminta untuk mengamati contoh anyaman yang ditunjukkan oleh guru dan diminta
untuk mendengarkan penjelasan mengenai contoh tersebut.
|
Ceramah
|
10 menit
|
ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
~ Siswa
didampingi guru mulai mengukur dan memotong kertas yang digunakan untuk membuat
seni rupa terapan (membuat tempat sampah bermotif dari kertas) .
~ Siswa
dengan bimbingan guru mulai membuat anyaman dengan langkah-langkah yang
dicontohkan oleh guru.
~ Siswa melanjutkan secara mandiri
anyamannya.
~ Guru
membimbing sambil melakukan penilaian kerja (psikomotor)
|
Ceramah
Praktik
Tanya jawab
|
35 menit
|
|
|
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
~ Siswa
diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya jika ada hal-hal yang berhubungan
dengan materi yang belum dipahami.
~ Siswa
diminta untuk melanjutkan dirumah tugas yang belum selesai.
|
Tanya Jawab, Penugasan
|
5 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
|
Ceramah
|
10 menit
|
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
|
Guru
mengadakan refleksi
|
Guru
menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa.
|
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
IX. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Siswa mampu
menyebutkan berbagai jenis terapan di sekitar tempat tinggal
|
Tes Tulis
|
-
Unjuk
kerja
|
-
Sebutkan seni
rupa terapan?
|
Format Kriteria
Penilaian
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
* aktif
praktik
*
kadang-kadang praktik
* tidak
praktik
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Madiun, 21
Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SDN
............
(
)
|
|
Guru SBK
(
)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar