Sabtu, 14 Juli 2012

Berkarya Seni Membatik


v  Berkarya Seni Rupa Dwi Matra ( 2 Demensi)

1.  Membatik Sederhana

  • Alat : Pewarna, kertas, kuas sederhana, tempat air/pewarna. 

  • Prosedur pengerjaannya :

  1. Menyiapkan  3 buah kuas, besar, sedang dan kecil.

  2. Menyiapkan pewarna. Pewarna yang dapat digunakan pada kegiatan membatik sederhana ini ada yang tergolong pada pewarna buatan dan pewarna alam. Yang termasuk pewarna buatan di antaranya: cat air, ontan/sepuhan (berbentuk serbuk), pewarna kue cair. Kunyit, daun suji, buah ganola, gambir adalah sebagian dari bahan pewarna alam.

  3. Bila sudah ditentukan pewarna mana yang akan digunakan,buatlah larutannya pada tempat pewarna yang sudah disediakan (Pada lukisan batik ini menggunakan pewarna cat air). Usahakan larutan pewarna tersebut tidak terlalu encer. Siapkan beberapa macam warna, hal ini akan diperlukan bila akan membuat gambar yang memiliki banyak warna atau membuat campuran warna.

  4. Membuat gambar. Buatlah motif gambar batik yang sederhana seperti batik kawung di atas kertas yang sudah disediakan. Cara membuat motif batik kawung yaitu beri tanda garis hingga membentik tanda bidang persegi setelah itu bentuk sesuai selera.  Kertas yang digunakan diantaranya: kertas gambar, kertas hvs, stensil.

  5. Setelah motif gambar selesai di gambar, lalu dapat di warnai sesuai selera, sehingga dapat menarik bila dilihat.


Gambar 1 Batik Kawung Pameran

Gambar  2 Batik Kawung

Gambar 3 Batik Kawung


Nama : SRIGATI SETIYANINGRUM

Kelas : 4B (PGDB)                              

NPM : 10141071                                  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar